Unik. Inilah Daftar Destinasi Wisata Terapung di Dunia yang Menawan

destinasi wisata ha long bay vietnam

Kalau berbicara soal destinasi wisata terapung di dunia, Venesia di Italia selalu jadi yang pertama terlintas di benak traveller. Tapi jangan salah, ternyata Venesia bukanlah satu-satunya tempat di dunia ini yang menawarkan sensasi liburan di desa yang terapung. Faktanya, ada sejumlah tempat terapung yang tersebar di berbagai belahan dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Hanya saja, tempat tersebut kalah pamor dengan Venesia.

So, daripada berlama-lama, mending langsung saja kita berselancar ke desa-desa terpung tersebut.

Giethoorn – Belanda

destinasi wista giethoorn belanda

Desa terapung yang berada di Steenwijkerland, Provinsi Overijsses, Belanda ini dijuluki sebagai ‘Venesia dari Utara’ karena memiliki pemandangan yang serupa dengan desa terapung di Venesia. DI desa ini terdapat kanal-kanal yang memisahkan daratan sampai menyerupai gugusan pulau-pulau kecil. Dibanding Venesia, daratan di Giethoorn terlihat lebih alami karena ditumbuhi vegetasi.  Untuk menjelajahi kanal-kanal tersebut, Wishper boat – kapal kecil yang ramah lingkungan, jadi satu-satunya kendaraan yang bisa digunakan.

Giethoor pun dinobatkan sebagai salah satu desa paling ramah lingkungan di dunia. Hal ini karena lingkungan di sana sangat bersih. Selain itu, kendaraan bermotor roda dua atau empat pun dilarang beroperasi di sana. Selain menggunakan Wishperboat, orang-orang hanya bisa jalan-jalan dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

Desa Giethoorn ini terbentuk akibat banjir besar yang melanda kawasan tersebut pada tahun 1170. Banjir pun terperangkap di sana dan membentuk kalan-kanal yang memisahkan daratan. Lalu, para buronan dari Mediterania datang ke tempat ini pada tahun 1230. Para buronan tersebut melihat banyak tanduk kambing yang mengambang di kanal. Dari situ, mereka pun menamai tempat tersebut dengan sebutan ‘Geytenhorn” atau tanduk kambing, kemudian berubah menjadi Giethoorn.

Desa Giethoorn menjadi terkenal sejak komedian Belanda bernama Bert Haanstra mengenalkannya lewat sebuah program komedi berjudul Fanfare di tahun 1958.

Ha Long Bay – Vietnam

destinasi wisata ha long bay vietnam

Ha Long Bay adalah teluk yang menyembatani Vietnam dengan Tiongkok. Ha Long Bay merupakan satu dari 33 teluk terindah yang ada di dunia. Di Ha Long Bay, terdapat gugusan pulau-pulau karang yang ditumbuhi vegetasi hijau. Sekilas, pemandangan pulau karang di Ha Long Bay ini membuatnya menjadi cukup mirip dengan pemandangan di Raja Ampat atau Phi-Phi Island di Thailand. Pulau-pulau karang ini pula lah yang membuat arus lautan di sana menjadi lebih tenang.

Uniknya, di sana juga ada empat desa terapung yang bisa dikunjungi sambil melakukan kayaking, yaitu desa Cua Van, Ba Hang, Cong Tau, dan Vong VIeng. Karena lokasi desa tersebut berada diantara gugusan pulau-pulau karang, maka pemandangan yang ada di sana pun sangat menawan.

Mayarakat Ha Long Bay memiliki kepercayaan bahwa tempat mereka dilindungi oleh naga dari serangan musuh. Inilah sebabnya teluk tersebut dinamai Ha Long Bay yang berarti ‘Naga yang Turun’.

Tongkil – Filipina

destinasi wisata desa tongkil filipina

Desa Tongkil merupakan tempat tinggal bagi suku Badjaos yang merupakan kaum minoritas Muslim di Filipina. Desa ini letaknya sangta terpencil di tengah lautan dekat kepulauan Samales. Hal unik yang ada di desa yang dijuluki ‘Kalimantan Gipsi’ atau ‘Gipsi Laut’ ini adalah hamparan terumbu karang yang mengitarinya. Dengan adanya terumbu karang ini, masyarakat setempat sering mencari ikan dan kerang di sana.

Bourton On The Water – Inggris

destinasi wisata bourton on the water inggris

Desa yang terletak di distrik Costwold, Gloucestershire ini adalah tempat yang paling pas untuk menikmati sensasi liburan di desa khas Inggris. Cuaca, suasana, dan arsitektur di sana benar-benar mencirikan kondisi desa klasik Inggris dan bisa membawamu seolah berada di negeri dongeng. Di desa ini juga terdapat kanal panjang yang membelah desa. Kanal tersebut membuat desa ini terlihat seperti desa air laiknya Venesia di Italia atau Giethoorn di Belanda. Maka tidak heran kalau julukan ‘The Little Venesia’ melekat di desa ini.

Untuk melintasi kanal yang dalamnya tak lebih dari lutut orang dewasa ini, ada jekbatan dengan batu dengan arsitektur klasik khas kerajaan Inggris. Berdiri di jembatan adalah cara paling banyak digemari wisatawan untuk mendapatkan foto yang Instagenic.

Di sana juga kamu bisa puas berwisata kuliner karena ada banyak restoran dengan menu bervariatif. Selain itu, ada juga taman-taman lucu yang bisa menjadi spot foto terbaik. Kamu juga bisa melihat desa ini secara keseluruhan dengan mengunjungi The Model Village, sebuah miniatur desa Bourton yang terlihat sangat percis dengan kondisi aslinya.

Jadi, mau tahu gimana rasanya sensasi liburan di desa terapung? Supaya tidak penasaran, mending pesan tiket pesawat murah ke negara-negara yang memiliki desa terapung tersebut dari sekarang. Agar bisa lebih berhemat. Kamu bisa pesan tiket di Reservasi.com karena ada banyak maskapai penerbangan yang bisa dipilih dengan harga terbaik.

Leave a Comment