Kuliner

October 22, 2017

Cita Rasa Kuliner Surya Kencana Bogor

Tags: ,

Bagi kalian yang doyan traveling dan wisata kuliner, terutama masakan khas Indonesia, kamu harus coba datang ke tempat satu ini. Beberapa waktu lalu saya bersama sahabat liburan ke Bogor karena bosen dengan keramaian kota Jakarta. Bukan berarti Bogor lebih tenang sih, tapi di sini kami bisa mendapatkan hal-hal baru dan suasana yang lebih tenang.

Entah beruntung atau kebetulan, ketika saya lagi iseng jalan-jalan di daerah Bogor, saya nemunin tempat jajanan pinggir jalan yang tersebar luas sejauh mata memandang! Tepatnya di Surya Kencana, Bogor, di sini menyediakan berbagai cita rasa kuliner yang beragam khas Indonesia terutama Sunda dan Jawa Barat.

AKSES JALAN KE SURYA KENCANA BOGOR

Waktu itu saya menginap di daerah Bangka, tepatnya di Accor Hotel. Untuk sampai ke jalan Surya Kencana, kami menaiki angkot berwarna hijau. Sebenarnya lokasinya tidak terjalu jauh kok dari tempat penginapan, cuman memang sekarang kota Bogor gak kalah macet dari Jakarta #sigh. Ya memang butuh perjuangan untuk sampai ke Surya Kencana, tapi demi memuaskan rasa penasaran dan kelaparan ini, apapun akan kami tempuh! Oke cukup lebay-lebaynya.. Waktu itu kami memakan waktu kurang lebih sekitar 45 menit untuk sampai ke Lokasi tujuan dengan naik angkot warna hijau, saya lupa nomer jursannya berapa.

Pas turun dari angkot, memang perkataan di media-media gak lebay, berbagai macam jajanan terjajar rapih di pinggir jalan. Jujur saya sempat lapar mata, setiap makanan mau saya coba. Memang disini butuh keimanan yang kuat agar dompet anda survive. Tapi saya ingat tujuan awal yaitu mencoba beberapa makanan khas daerah ini sesuai yang direkomendasikan orang-orang.

KULINER SURYA KENCANA BOGOR

Ketika dalam perjalanan ke Surya Kencana, macetnya bukan main. Banyak banget angkot yang ngetem di pinggir jalan, jadi cuman satu jalur yang bisa dilalui kendaraan. Panas terik matahari juga ngebuat kita haus banget, saya cuman berharap sesampainya di Surya Kencana, bakal ada kuliner yang bisa ngebut kita kembali fresh dan usaha kita terbayarkan hehe.

wisata kuliner surya kencana bogor

Sesampainya di Surya Kencana, kami melewati Lawang yang berupa gapura tinggi besar dengan warna merah menyala khas Tionghoa. Kabarnya gapura ini baru dibangun dan menjadi monument khas daerah sini. Kami berjalan lurus menjuju Jl. Rnggagading dan beberapa jajanan sudah mulai terlihat sejauh mata memandang lho.

Gak mungkin kami cobain semua jajanan yang ada. Oleh karena itu, saya dan teman saya, Yuntiwa, hanya mencoba beberapa makanan yang direkomendasikan di daerah Surya Kencana Bogor oleh para pelancong. Berikut adalah beberapa makanan yang sudah kami coba dan bisa menjadi rekomendasi anda ketika berkunjung kesini:

ES DOGER

kuliner surya kencana bogor - es doger

Sebagai penghilang dahaga sehabis ngelawan macetnya kota Bogor, Es Doger menjadi pilhan pertama saya sekaligus menjadi minuman pembuka wisata kuliner kali ini. Bisa dibilang, es doger di Bogor agak berbeda dengan yang ada di Jakarta. Rasanya tidak terlalu manis dan lebih banyak isinya dibanding dengan yang di Jakarta. Cukup dengan harga Rp 6.000,- aja, cukup untuk mengisi tenagamu kembali untuk nyobain kuliner berikutnya.

TOGE GORENG

kuliner surya kencana bogor - toge goreng

Entah kenapa, saya lebih tertarik untuk mencoba jajanan yang ada dipinggir jalan ketimbang dengan yang berada di dalam ruko. Mungkin memang perut saya udah kebiasa makanan seperti itu atau emang gak cocok makan di tempat mahal haha. Nah, yang jadi incaran saya selanjutnya adalah Togo Goreng! Mungkin dulu namanya lebih dikenal dengan sebutan tauco atau toge combro ya. Bumbu tauconya nendang banget dengan rasa gurih dan pedasnya bikin mata melek! Berhubunga saya suka pedas, jadi memang sengaja pesan yang paling pedas haha.

SOTO KUNING PAK YUSUF

kuliner surya kencana bogor - soto kunig pak yusuf

Siapa yang gak tau soto yang paling beken di kota Bogor satu ini. Soto Kuning Pak Yusuf merupakan salah satu soto yang ramai dikunjungi oleh penduduk lokal ataupun wisatawan. Soto ini terletak di persimpangan Jl. Roda dan berlokasi di pinggir jalan atau trotoar. Meskipun lokasinya di pinggir jalan, tapi rasanya, beuuuuuuhhh… Kuah santannya yang kaya rasanya bikin perut kalian anget dan ketagihan. Walaupun potongan daginnya gak terlalu banyak, tapi rasa dari kuahnay itu udah cukup menjadi alasan untuk kalian balik lagi kesini.

BIR KOTJOK KHAS BOGOR

kuliner surya kencana bogor - bir kotjok khas bogor

Abis kenyang makan soto, gak lengkap kalo kita belum mabok-mabokan. Weits, jangan salah nangkep. Kita bakal mabok-mabokan dengan bir khas bogor, yaitu Bir Kotjok yang ada di Surya Kencana Bogor. Bahan-bahannya pun dibuat dari rempah-rempah asli khas Indonesia, seperti kayu manis, jahe,  dan gula arena yang diolah dan dikocok-kocok sampai berbuih. Minuman ini paling nikmat kalo diminum dingin. Coba bayangkan, dingin di mulut dan sampai perut berasa hangat. Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

SOTO MIE BOGOR

kuliner surya kencana bogor - soto mie bogor

Belum lengkap rasanya kalo ke Bogor tapi gak mencicipi kuliner khasnya, Soto Mie khas Bogor. Lokasi tempatnya berada di pesimpangan Jl. Roda dekat dengan soto kuning pak Yusuf. Kalau boleh jujur, sebenarnya kami gak tau tempat makan soto mie bogor yang enak di daerah ini, jadi kami asal masuk aja selama dia menjual soto mie bogor. Mungkin emang lagi sial aja kali ya, karena rasa soto mie bogor ditempat ini menurut saya kurang cocok. Lebih enak soto mie yang lewat depan rumah saya hehe. Mungkin next time kita harus cari tempat yang benar-benar menjual soto mie bercita rasa khas Bogor.

Karena perut udah kekenyanan berisi beberapa makanan diatas, kami memutuskan untuk pulang dulu ke hotel dan mengakhiri wista kuliner kita. Ya intinya, kalau kalian mau wista kuliner ke Surya Kencana Bogor, gak perlu repot. Kamu tinggal pesen hotel atau guets house untuk semalam dan bisa langsung berangkat naik kereta dan turun di Kota Bogor. Dan pastikan kamu belum makan dari pagi ya biar bisa isi banyak amunisi pas sampai di lokasi kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *